A. Inovasi Pembelajaran
Strategi yang digunakan guru untuk mewujudkan
pembelajaran yang berpihak pada murid harus memperhatikan keunikan
masing-masing perserta didik, diantaranya terkait dengan keragaman peserta
didik yang terbagi dalam kategori audio,
visual, dan kinestetik. Pembelajaran interaktif merupakan pembelajaran yang melibatkan aktifitas partisipatif dan komunikatif antara guru
dan siswa, yang memungkinkan siswa untuk secara langsung terlibat dalam proses
pembelajaran.
Peserta didik di SMA Negeri 1 Belik sebagian besar telah
memiliki gawai (handphone) yang
diperbolehkan dipergunakan saat pembelajaran di kelas, namun masih banyak
peserta didik yang memanfaatkan gawai yang dimiliki bukan untuk menunjang
kegiatan pembelajaran. Sehingga hal ini menjadi pertimbangan penulis dalam
menentukan strategi pembelajaran yang akan digunakan agar gawai peserta didik
dapat digunakan secara optimal dalam menunjang kegiatan pembelajaran dan
pembelajaran terjadi secara interaktif dan menarik.
Melihat suasana kelas yang belum tercipta suasana yang
menyenangkan dan menarik bagi peserta didik memberikan tantangan bagi saya
untuk menciptakan suasana pembelajaran yang dapat menghasilkan pembelajaran
yang bermakna dan berpusat pada peserta didik. Peserta didik sebagian besar
memiliki gawai maka saya memanfaatkan kegemaran peserta didik dengan
pembelajaran menggunakan gawai (handphone)
sehingga gawai yang dibawa peserta didik mendukung pembelajaran. Saya akan
merancang media pembelajaran yang dapat diakses oleh peserta didik dengan gawai
mereka dan dapat digunakan untuk ice
breaking, jajak pendapat, presentasi materi, dan asesmen sehingga terjadi
pembelajaran interaktif dan menarik bagi peserta didik.
Multimedia pembelajaran interaktif
(MPI) dan media Classpoint menjadi media
yang digunakan oleh penulis dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan
sarana komunikasi dengan seluruh peserta
didik dalam satu waktu. Dengan MPI peserta didik dapat mempelajari materi,
latihan, dan soal evaluasi secara mandiri dengan gawai yang dimiliki. Dengan
media Classpoint semua peserta didik
dapat menyampaikan pendapat atau menjawab pertanyaan secara bersamaan sehingga
menjadi media yang efektif serta menarik bagi peserta didik karena semua
peserta didik dapat menyampaikan ide/jawabannya. Media ini juga dapat digunakan
untuk melakukan penilaian.
Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan
berpusat pada murid, sehingga keterlibatan peserta didik menjadi pertimbangan
utama dalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. Kegiatan awal pembelajaran
dimulai dengan salam pembuka, do’a dan ice
breaking. Kegiatan ice breaking saya siapkan dalam powerpoint yang telah terintegrasi dengan classpoint. Kegiatan inti
pembelajaran menggunakan sistem diskusi kelompok untuk memberi ruang peserta
didik dalam mengemukakan ide dan pendapatnya, bekerjasama, kreatif, dan
berkolaborasi dengan peserta didik yang lain. Media pembelajaran MPI menjadi
salah satu referensi yang dapat digunakan peserta didik dalam diskusi selain
referensi dari buku, video, maupun dapat mencari referensi dari sumber lain.
Hasil atau produk yang dihasilkan
peserta didik dari hasil kerja kelompok memiliki keberagaman sesuai dengan
kemampuan dan kreativitas masing-masing kelompok. Hasil tersebut diantaranya
yaitu: slide presentasi, poster, video, dan rekaman suara. Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka dan mendapat tanggapan dari
kelompok lain.
Di akhir kegiatan pembelajaran
dilakukan kegiatan refleksi, umpan balik, dan
penilaian. Refleksi pembelajaran dan umpan dilakukan bersama-sama
peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih baik untuk selanjutnya.
Refleksi dan umpan balik dapat dilakukan secara lisan dan juga dilakukan dengan
menggunakan slide presentasi dengan classpoint
dan dapat ditampilkan secara langsung (live).
Hasil (respon) peserta didik yang
telah terhimpun baik berupa jajak pendapat, asesmen, maupun refleksi
pembelajaran akan tersimpan otomatis dalam slide
power point dan tersimpan di awan (cloud)
sehingga dapat dibuka kapan saja untuk memeriksa respon tersebut.
Penggunaan media
multimedia pembelajaran interaktif dan slide powerpoint classpoint dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal
ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan peserta
didik yang lebih aktif saat pembelajaran dan terjadi interaksi aktif dari
peserta didik selama proses pembelajaran.
B. Berbagi Praktik Baik Inovasi Pembelajaran
Berbagi
praktik baik dapat dimaknai sebagai konsep di mana individu, organisasi, atau
komunitas berbagi pengalaman, pengetahuan, dan tindakan yang telah terbukti
berhasil dengan prang lain dengan tujuan untuk meningkatkan hasil, kualitas,
atau kinerja terkait hal yang dibagikan. Beberapa poin penting yang ada dalam
berbagi praktik baik diantaranya adalah transfer pengetahuan/pengalaman,
memperbaiki kineja, kolaborasi, meningkatkan inovasi, serta pembelajaran
berkelanjutan.
Kegiatan
berbagi yang dilakukan oleh penulis pada kegiatan pelatihan PembaTIK level
berbagi dan berkolaborasi yaitu:
1.
Webinar Quizizz
Kegiatan
diadakan pada hari Kamis tanggal 11 Oktober dalam acara webinar dengan pemandu
Quizizz Super Trainer 2023 yaitu Suminarsih dan Siti Jumilati. Kegiatan yang
dilakukan adalah berbagi dan belajar bersama mengenal dan menyiapkan asesmen
dengan menggunakan fitur Artificial Intelligence (AI) yang ada pada quizizz dan diikuti oleh 38
peserta.
2.
Diklat Inovasi Pembelajaran di KKG
Pattimura
Kegiatan
ini dilakukan secara luring pada tanggal 14 Oktober 2023 bertempat di SD
16 Mulyoharjo, Pemalang. Kegiatan diikuti oleh 51 peserta yang berasal
dari 8 Sekolah Dasar yang berada di bawah naungan KKG Pattimura dengan
tema yang dipelajari adalah menyusun media pembelajaran digital dengan
Canva.
Peserta mempraktikkan membuat bahan ajar dengan
perangkat yang telah disiapkan secara mandiri oleh peserta baik dengan laptop
maupun gawai (HP).
Kegiatan
webinar dilaksanakan tanggal 17 Oktober 2023 dilakukan mulai pukul 13.00 WIB
dengan pengisi materi adalah kelompok 1: Suminarsih (penulis), Robert
Syarifudin, dan Maulida Azkiya Rahmawati. Tema yang diangkat pada webinar
ini adalah: Berbagi Praktik Baik Pembelajaran Inovatif yang Menyenangkan” dan
disingkat dengan “Batik Priyangan”. Pada webinar kali ini dibuka oleh Duta
Teknologi tahun 2021 yaitu Ibu Anita Sukarini.
4. Observasi
PembaTIK Bersama MGMP Matematika Kabupaten Blora
Kegiatan tersebut
diadakan pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2023 mulai pukul 12.30 WIB. Sekitar
38 peserta yang mengikuti kegiatan Observasi PembaTIK yang didalamnya dilakukan
kegiatan berbincang-bincang santai terkait perjalanan penulis dalam mengikuti
PembaTIK dari tahun ke tahun dan hingga dapat menjadi salah satu peserta
PembaTIK level 4 tahun 2023.
5. Webinar Bersama Komunitas Belajar.id Kota Tegal
Pada hari Rabu tanggal 18
Oktober 2023 penulis berbagi dan berkolaborasi bersama Komunitas Belajar.id
Kota Tegal yang diketuai oleh Bapak Agus Nisfan, M. Kom dengan acara webinar
yang mengangkat tema: "Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan
Canva". Kegiatan webinar yang diikuti
sebanyak 57 peserta yakni mempraktikkan
pembuatan media
ajar yang lebih inovatif dan memanfaakan akun belajar.id dengan Canva.
6. Webinar Komunitas Pelatihan Guru Digital (PGD) Pemalang

Webinar dengan tema:
“Pendampingan Pelaksanaan P5 Kabupaten Pemalang” pada hari Kamis tanggal 19
Oktober 2023. Membahas tentang seluk beluk P5 dengan durasi 2 jam
terasa sangat singkat, namun kegiatan webinar ini mampu memberikan pencerahan
kepada sekitar 68 peserta yang hadir. Tema ini diangkat dengan latar
belakang masih banyak pendidik yang belum memahami apa dan bagaimana
pembelajaran P5. Banyak miskonsepsi-miskonsepsi tentang pembelajar P5 yang saat
ini telah dilaksanakan di satuan pendidikan.
7. Webinar Penyusunan Bahan Ajar Interaktif MPI
Kegiatan webinar yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 21 Oktober 2023 kali ini yang diadakan kolaborasi antara Komunitas Guru Penggerak Biak Numfor Provinsi Papua dan Komunitas Pelatihan Guru Digital (PGD) Pemalang Provinsi Jawa Tengah. Mengusung tema “Penyusunan Bahan Ajar Interaktif MPI” sekitar 38 peserta pada kegiatan webinar menyimak dan berinteraksi aktif pada pemaparan materi yang langsung dipraktikkan membuat bahan ajar multimedia pembelajaran interaktif (MPI) dengan Canva.8.. Webinar
bersama Sahabat Teknologi dan Komunitas Belajar.id Kapuas
Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa
tanggal 24 Oktober 2023. Webinar kali ini dengan narasumber kolaborasi Sahabat
Teknologi dari Kalimantan Tengah yaitu Gufron Firmansyah, Sahabat Teknologi
dari Kalimantan Selatan yaitu Ferry Meirliyanto, dan Sahabat Teknologi dari
Jawa Tengah yakni Suminarsih(penulis). Peserta kegiatan berjumlah 27 menyimak pemaparan materi yang
disertai praktik dan berlangsung tanya jawab yang interatif dengan narasumber.
Inovasi pembelajaran dan berbagi praktik baik yang penulis lakukan dapat dilihat (diakses) dari video berikut ini:
#pusdatinKemendikbudristek
Terus berkarya dan berbagi Bu...
BalasHapusWell done 👍
BalasHapusTerima kaaih Pak..
Hapussip
BalasHapus