Kamis, 12 Oktober 2023

Belajar dan Berbagi Tentang Asesmen

 

Pemanfaatan AI dalam Penyusunan Asesmen

Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran, menyediakan informasi sebagai umpan balik untuk guru, peserta didik, dan orang tua. Hasil asesmen memberikan informasi yang bermanfaat untuk peserta didik dan orang tua serta merupakan data yang berguna untuk penjaminan mutu dan peningkatan pembelajaran. Asesmen dikembangkan sejak awal perencanaan pembelajaran sehingga asesmen terintegrasi dengan pembelajaran.

Jenis asesmen yang digunakan dalam pembelajaran adalah asesmen awal, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Asesmen dirancang dengan mengacu pada capaian pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran, karakteristik peserta didik, dan sumber daya dukung yang tersedia. Dalam menyusun asesmen perlu dihindari hal-hal seperrti: hanya berfokus pada asesmen sumatif, hanya sebagai alat untuk mendapatkan nilai untuk pengisian raport, dan hanya menggunakan satu teknik penilaian.

Memanfaatkan teknologi informasi dalam menyiapkan asesmen pembelajaran dapat membantu tugas-tugas guru. Beragam aplikasi dapat dimanfaatkan untuk hal ini, salah satu aplikasi yang sudah banyak dikenal adalah Quizizz yang merupakan aplikasi berbasis game. Kemudahan yang disediakan aplikasi ini sangat membantu guru dalam pembelajarannya. Ide-ide dari pendidik lain juga dapat diakses dengan mudah serta digunakan oleh pendidik lain.

Komunitas pendidik di Kabupaten Pemalang pada hari Kamis tanggal 11 Oktober bersama-sama mengadakan kegiatan bincang-bincang bersama dalam acara webinar dengan pemandu Quizizz Super Trainer 2023 yaitu Suminarsih dan Siti Jumilati. Peserta sebanyak 37 dengan antusias mengikuti dan beberapa peserta langsung mempraktikkan sehingga dapat ditampilkan dan dilihat oleh seluruh peserta. Kegiatan yang dilakukan adalah berbagi dan belajar bersama mengenal dan menyiapkan asesmen dengan menggunakan fitur Artificial Intelligence (AI) yang ada pada quizizz. Hendaknya kemudahan yang tersedia saat ini dapat dimanfaatkan secara bijak sehingga kemudahan tersebut dapat mendukung dalam proses pembelajaran bagi peserta didik. 

Daftar hadir: https://docs.google.com/spreadsheets/d/13ENHbuiPF11hK5v-PSHwoVBAEn3jmew0lQ11ZASc-po/edit?usp=sharing



2 komentar:

Koneksi Antar Materi 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik

  COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK A.       Paradigma Berfikir Coaching 1.        Paradigma berpikir yang pertama adalah fokus pada  co...