Kamis, 12 Oktober 2023

IHT Penyusunan KKTP


Bersama Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Pemalang Menyusun KKTP

 

            Istilah KKTP merupakan salah hal yang baru yang ada dalam Kurikulum Merdeka. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang kemudian dikenal dengan KKTP ini sering disepadankan dengan istilah KKM pada kurikulum 2013. Apakah yang menjadi pembeda antara KKM dan KKTP? Apakah kedua hal tersebut memiliki makna dan tujuan yang sama?

KKTP adalah serangkaian kriteria atau indikator  yang menunjukkan sejauh mana peserta didik sudah mencapai  kompetensi pada tujuan pembelajaran. Sedangkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) digunakan untuk menentukan apakah seorang peserta didik telah mencapai tingkat kompetensi yang memadai sesuai dengan yang telah ditetapkan batasan minimalnya.

KKTP berfungsi untuk merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan  kompetensi peserta didik. KKTP memiliki pemahaman lebih luas dan tujuan sebangai langkah tindak lanjut pembelajaran. Seorang peserta didik tidak hanya diukur ketercapaian pembelajarannya denga angka, kriteria ini merupakan penjelasan (deskripsi) tentang kemampuan apa yang perlu ditunjukkan/ didemonstrasikan peserta didik sebagai bukti bahwa ia telah mencapai tujuan pembelajaran.

Pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 12-13 Agustus 2023 di ruang multimedia SMA Negeri 1 Pemalang, penulis membersamai pendidik di sekolah tersebut memahami lebih mendalam dan melakukan praktik menyusun KKTP. Kegiatan In House Training (IHT) dengan tema: “Metode Pembelajaran dan Penyusuna KKTP ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada kegiatan ini lebih banyak praktik yang kemudian dipresentasikan dan didiskusikan bersama. Dengan kegiatan ini diharapkan semua pendidik mampu memahami dan menyusun KKTP dan digunakan pada kegiatan asesmen pembelajaran di kelas.




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik

  COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK A.       Paradigma Berfikir Coaching 1.        Paradigma berpikir yang pertama adalah fokus pada  co...