Bersama
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Pemalang Menyusun KKTP
Istilah KKTP
merupakan salah hal yang baru yang ada dalam Kurikulum Merdeka. Kriteria
Ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang kemudian dikenal dengan KKTP ini sering
disepadankan dengan istilah KKM pada kurikulum 2013. Apakah yang menjadi
pembeda antara KKM dan KKTP? Apakah kedua hal tersebut memiliki makna dan
tujuan yang sama?
KKTP adalah serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik
sudah mencapai kompetensi pada tujuan
pembelajaran. Sedangkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) digunakan untuk
menentukan apakah seorang peserta didik telah mencapai tingkat kompetensi yang
memadai sesuai dengan yang telah ditetapkan batasan minimalnya.
KKTP berfungsi untuk merefleksikan proses pembelajaran
dan menganalisis tingkat penguasaan
kompetensi peserta didik. KKTP memiliki pemahaman lebih luas dan tujuan
sebangai langkah tindak lanjut pembelajaran. Seorang peserta didik tidak hanya
diukur ketercapaian pembelajarannya denga angka, kriteria ini merupakan
penjelasan (deskripsi) tentang kemampuan apa yang perlu ditunjukkan/
didemonstrasikan peserta didik sebagai bukti bahwa ia telah mencapai tujuan
pembelajaran.
Pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 12-13 Agustus 2023 di ruang multimedia SMA Negeri 1 Pemalang, penulis membersamai pendidik di sekolah tersebut memahami lebih mendalam dan melakukan praktik menyusun KKTP. Kegiatan In House Training (IHT) dengan tema: “Metode Pembelajaran dan Penyusuna KKTP ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB.
Sesuai dengan tema yang diangkat pada kegiatan ini lebih banyak praktik yang kemudian dipresentasikan dan didiskusikan bersama. Dengan kegiatan ini diharapkan semua pendidik mampu memahami dan menyusun KKTP dan digunakan pada kegiatan asesmen pembelajaran di kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar