Sabtu, 21 Oktober 2023

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


 

Apa dan Bagaimana Projek Penguatan Profil Pelajar Pencasila?

 

Salah satu muatan kurikulum merdeka yang belum pernah ada pada kurikulum sebelumnya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jumlah jam pelajaran P5 terintegrasi dalam mata pelajaran yang lain. Profil pelajar pancasila yang tercantum di dalam kurikulum merdeka berguna untuk mengembangkan karakter dan kemampuan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan belajar.

Secara filosofis, pembentukan karakter melalui pendidikan karakter dibutuhkan dan perlu diberikan pada peserta didik guna mencapai tujuan pendidikan bangsa. Sejalan dengan pandangan Ki Hajar Dewantara yakni pendidikan tidak akan terlepas dari nilai-nilai karakter (budi pekerti), fisik, dan pikiran peserta didik yang kelak akan menjadi ‘manusia’ di masyarakat. Sehingga pendidikan karakter memiliki peran penting untuk mengembangkan potensi peserta didik dan menjadi masyarakat Indonesia yang berbudi luhur (Wawan, 2022).

Komunitas Pelatihan Guru Digital (PGD) Pemalang mengadakan webinar dengan tema: “Pendampingan Pelaksanaan P5 Kabupaten Pemalang” pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 mulai pukul 12.00 WIB. Tema ini diangkat dengan latar belakang masih banyak pendidik yang belum memahami apa dan bagaimana pembelajaran P5. Banyak miskonsepsi-miskonsepsi tentang pembelajaran P5 yang saat ini telah dilaksanakan di satuan pendidikan.


Pada webinar ini sebagai narasumber utama adalah kepala sekolah salah satu sekolah penggerak di kabupaten Pemalang yakni Bapak Setyo Wantjono, S. Pd. SD. Sedangkan penulis sebagai narasumber kedua memperkuat paparan yang diberikan oleh narasumber utama. Dengan moderator Ibu Siti Jumilati yang merupakan pengurus komunitas PGD kegiatan webinar berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan hangat dari peserta. Pada kegiatan webinar ini dibuka oleh Bapak Kasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang yaitu Bapak Bambang Mujiono, S. Pd.  

Membahas tentang seluk beluk P5 dengan durasi 2 jam terasa sangat singkat, namun kegiatan webinar ini mampu memberikan pencerahan kepada sekitar 68 peserta yang hadir. Antusias peserta terlihat dari tanggapan dan pertanyaan yang diberikan peserta kepada narasumber sehingga kegiatan berakhir lebih dari durasi yang tertera dalam roundown acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik

  COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK A.       Paradigma Berfikir Coaching 1.        Paradigma berpikir yang pertama adalah fokus pada  co...