Rabu, 18 Oktober 2023

Webinar "Batik Priyangan"

 

Berbagi Praktik Baik Pembelajaran Inovatif yang Menyenangkan

 

           Berbagi praktik baik dapat dimaknai sebagai konsep di mana individu, organisasi, atau komunitas berbagi pengalaman, pengetahuan, dan tindakan yang telah terbukti berhasil dengan prang lain dengan tujuan untuk meningkatkan hasil, kualitas, atau kinerja terkait hal yang dibagikan. Beberapa poin penting yang ada dalam berbagi praktik baik diantaranya adalah transfer pengetahuan/pengalaman, memperbaiki kineja, kolaborasi, meningkatkan inovasi, serta pembelajaran berkelanjutan.

       Dari makna tersebut sudah seharusnya kegiatan berbagi praktik baik dilakukan oleh pendidik agar sesama pendidik dapat mendapatkan inspirasi untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Meningkatnya kualitas pembelajaran tentu akan berdampak positif pada murid sebagai subyek yang mengalami kegiatan belajar.

        Perkembangan dunia pendidikan saat ini selaras dengan perkembangan zaman di era digital, sehingga pendidik memanfaatkan media-media yang lebih kekinian dan sesuai dengan kebutuhan murid. Strategi pembelajaran yang digunakan pendidik yang meliputi metode, media, serta pendukung lainnya akan mempengaruhi bagaimana suasa pembelajaran bagi murid. Suasana yang nyaman dan menyenangkan memberikan kontribusi yang besar bagi proses belajar murid.

            Pendidik saat ini dapat memiliki sumber belajar yang telah disediakan oleh pemerintah yakni Platform Merdeka Mengajar(PMM). Dalam PMM tersedia lengkap baik sumber belajar maupun referensi-referensi praktik baik dari seluruh pendidik berbagai daerah dan semua jenjang. Salah satu wadah dalam saling berbagi adalah fitur Komunitas yang di dalamnya bisa mengadakan kegaiatan webinar dan diikuti oleh anggota maupun pendidik yang lain.

     Salah satu komunitas belajar dari provinsi Jawa Tengah yang didukung oleh BLPT Kemendikbudristek adalah Sahabat PembaTIK Jawa Tengah yang dimotori oleh Duta Teknologi Jawa Tengah. Sebagai salah satu kegiatan dalam PembaTIK level berbagi dan berkolaborasi (level 4) tahun 2023, komunitas Sahabat PembaTIK Jawa Tengah mengadakan rangkaian webinar pada tanggal 17 – 21 Oktober 2023 yang diisi oleh peserta PembaTIK Level 4 tahun 2023 sesuai jadwal yang telah disepakati bersama.

            Kesempatan webinar pertama yakni tanggal 17 Oktober 2023 dilakukan mulai pukul 13.00 WIB dengan pengisi materi adalah kelompok 1: Suminarsih (penulis), Robert Syarifudin, dan Maulida Azkiya Rahmawati. Tema yang diangkat pada webinar seri pertama ini adalah: Berbagi Praktik Baik Pembelajaran Inovatif yang Menyenangkan” dan disingkat dengan “Batik Priyangan”. Pada webinar kali ini dibuka oleh Duta Teknologi tahun 2021 yaitu Ibu Anita Sukarini.


         Kegiatan berbagi pada webinar “Batik Priyangan” diikuti kurang lebih 70 an peserta dari berbagai daerah. Ragam materi dari ketiga narasumber meskipun dnegan tema yang sama dapat dibawakan dengan baik dan mendapat umpan balik positif dari peserta kegiatan. Tidak hanya menyampaikan materi saja namun ada sesi tanya jawab sebagai wahana interasi dan umpan balik.

     Penulis sebagai pemateri pertama membawakan materi dengan judul: “Pembelajaran Interaktif dengan Gawai(HP)” yang berisi tentang bagaimana pemanfaatan gawai peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga terjadi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Dengan latar belakang bahwa hampir semua murid di satuan pendidikan memiliki gawai (HP) maka penulis tertantang untuk menyiapkan media belajar yang dapat memanfaatkan gawai murid. Hal yang penulis lakukan adalah menyiapkan media dalam bentuk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dan bahan tayang presentasi yang terintegrasi dengan classpoint.

         Paparan pembelajaran interaktif juga dipraktikkan penulis dengan peserta webinat dengan mengajak peserta bergabung dalam powerpoint ter ad ins classpoint yang digunakan untuk presentasi. Dengan kegiatan ini dapat langsung digambarkan bagaimana kegiatan belajar murid yang interaktif menggunakan gawai. Hal ini juga digunakan untuk kegiatan penutup yakni adanya kuis yang dipandu penulis untuk memberikan gambaran penggunaan powerpoint ter ad ins classpoint pada peserta dan dua peserta tercepat dalam menjawab beberapa pertanyaan mendapatkan hadiah lawang (door prize).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik

  COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK A.       Paradigma Berfikir Coaching 1.        Paradigma berpikir yang pertama adalah fokus pada  co...