Kamis, 19 Oktober 2023

Observasi PembaTIK

 


Observasi PembaTIK Bersama MGMP Matematika Kabupaten Blora

 

Guru sebagai sebuah profesi akan semakin tertantang oleh kemajuan zaman sekarang ini apalagi saat ini perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat. Jika tidak menambah ilmu pengetahuan dan kecakapan lainnya guru akan tertinggal. Salah satu bentuk peningkatan profesi adalah dengan menguasai Pembelajaran Berbasis TIK.

Dalam pengembangan dan pendayagunaan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan Kemendikbudristek telah mengembangkan Platform Merdeka Mengajar, sebagai salah satu sarana pendukung untuk membantu guru memahami Kurikulum Merdeka baik secara mandiri, melalui pelatihan, maupun dari rekan sejawat. Disini tersedia beragam materi dan referensi mengajar. Platform ini juga menjadi sarana guru untuk berbagi praktik baik dalam fitur Bukti Karya. Agar layanan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal, diperlukan pengembangan kompetensi TIK guru. Salah satunya melalui program PembaTIK 2023.

Program PembaTIK terdiri dari 4 tahap secara berjenjang yakni level literasi(1), level implementasi(2), level kreasi(3), dan level berbagi dan berkolaborasi(4). Peserta PembaTIK dapat mengikuti level berikutnya jika telah lulus level sebalumnya. Setiap peserta PembaTIK harus mengikuti kegaiatan mulai dari level literasi meskipun tahun sebelumnya telah lulus pada level di atasnya. Peserta yang dapat mengikuti level  berbagi dan berkolaborasi adalah pesrta terpilih dari tiap-tiap provinsi (kuota tiap provinsi sekitar 30).

Komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika kabupaten Blora yang diketuai oleh bapak Robert Syarifudin, S. Pd yang juga merupakan salah satu peserta PembaTIK level 4 pada tahun 2023 mengadakan kegiatan berbagi dengan tema :Observasi PembaTIK” dengan berkolaborasi dengan penulis. Kegiatan tersebut diadakan pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2023 mulai pukul 12.30 WIB. 

Sekitar 38 peserta yang mengikuti kegiatan Observasi PembaTIK yang didalamnya dilakukan kegiatan berbincang-bincang santai terkait perjalanan penulis dalam mengikuti PembaTIK dari tahun ke tahun dan hingga dapat menjadi salah satu peserta PembaTIK level 4 tahun 2023. Obrolan yang dlakukan juga tidak terbatas pada pelatiahn terkait PembaTIK namun juga dilakukan interaksi aktif secara daring menggunakan power point  yang terintegrasi (ad ins) classpoint bersama peserta. Selain kegiatan interaksi aktif juga praktik mengaktifkan power point  yang terintegrasi (ad ins) classpoint bersama peserta.

PembaTIK level berbagi dan berkolaborasi
menjadikan jembatan bagi peserta untuk dapat terhubung dengan komunitas yang tak terbatas ruang dan waktu sehingga semakin memperluas relasi dan saling berbagi serta berkolaborasi.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik

  COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK A.       Paradigma Berfikir Coaching 1.        Paradigma berpikir yang pertama adalah fokus pada  co...