Jumat, 12 Juni 2020

Pengalaman n Ngeblog Mr. Bams


Kisah Ngeblog di Wordpress



Blog menjadi salah  satu  media  yang dapat digunakan dalam aktivitas tulis menulis. Menulis dan membaca menjadi bagian penting dalam dunia literasi. Penulis yang baik tentulah seorang yang gemar membaca. Sumber bacaan tidak hanya dengan media cetak, namun juga media elektronik, salah satunya adalah blog.

Materi belajar menulis kali ini akan disampaikan oleh narasumber yang telah menekuni dunia “ngblog” sejak masih duduk di Sekolah Menengah Pertama. Tentu tak diragukan lagi banyaknya pengalaman yang telah beliau rasakan di dunia “Blog” Kita akan menyimak penuturan Bapak Bambang Purwanto, yang biasa kita panggil dengan sebutan “Mr. Bams” dan menjadi moderator pada kegiatan Belajar Menulis.

Perkenalan dimulai dari cerita beliau ketika terlahir sebagai anak kembar dengan saudara kembar perempuan beliau.

“Ngeblog” dimulai beliau sejak berada di SMP Taruna Bakti yakni tahun 2009 yang saat itu beliau diminta gurunya untuk membimbing ekstra kurikuler “Blog” dengan menggunakan multiply.

Saat ini Mr. Bams adalah seorang konsultan di perusahaan pemetaan sebagai tenaga administrasi yang mengoperasikan komputer. Menyukai dunia menulis membawa beliau juga menjadi seorang pendongeng sejak tahun 2003. Mendongeng memerlukan banyak bahan bacaan sehingga  pada tahun 2011 beliau membuat Taman Baca di rumah sendiri.

Sejak tahun 2011 itu label “Pegiat Literasi” telah melekat dari diri Mr. Bams yang juga dikenal dengan Gol A Gong, penulis hebat “Balada si Roy”. Pendiri dari sebuah taman bacaan keren bernama “Rumah Dunia”.

Prestasi di bidang literasi telah beliau raih ketika tahun 2019, SMP beliau Taruna Bakti  mendapat juara Literasi Kategori Utama yang saat itu Mr. Bams sebagai Ketua Tim Literasi. Beliau juga mendapat Anugerah Penggiat Literasu dari Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Di tahun yang sama, 2019 Mr. Bams mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih dan masuk enam besar, mendapatkan penghargaan dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat dan Bapak Gubernur.

Apa tujuan ngeblog?

Tujuan membuat Blog bagi Mr. Bams adalah:

1.      Malu sebgai guru TIK nggak punya blog

2.      Malu sebagai penggiat literasi nggak punya blog

3.      Berbagi pengalaman

4.      Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)

5.      Menghasilkan rupiah

Apa saja isi dari blog?

1.      Isilah yang disukai

Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. senang puisi tulis puisi, dll.

2.      Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi.

Sebagai contoh apa yang beliau lakukan dengan OmJay, dengan membuat daftar hadir untuk peserta Belajar Menulis saat ini.

“Lakukan apa yang mau dan bisa kita lakukan. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakuakannya. Bermodal mau maka akan menjadi bisa.” Terang Mr. Bams.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, diantaranya sebagai berikut:

1.      Bagaimana agar bisa fokus menulis di blog?

Berdamailah dengan diri sendiri, buatlah target menulis. Seminggu sekali, dua hari sekali, atau setiap hari. Tingkatkan intensitasnya jika telah terpenuhi.

2.      Apakah perbedaan menulis di blog satu dengan yang lain?

Menulis di blog bisa dimana saja, ada blog.spot, ada wordpress, dan ada juga di web. Semua tergantung selera. Boleh punya blog lebih dari satu, perlu mengelola blog yang dimiliki.

3.      Apa kendala ngeblog?

Pertama jaringan yang tidak bersahabat, padahal kita mau posting.

Kedua adalah habis ide, solusinya dengan membaca.

4.      Bagaimana agar blog yang kita miliki banyak dikunjungi?

Pertama, tergabung dalam komunitas

Kedua, sering memperkenalkan blog kita kepada yang lain di sosial media kita.

Ketiga, rajin berkunjung ke blog orang lain.

Keempat, buat blog kita untuk membantu orang lain.

5.      Bagaiman sebuah blog bisa mendatangkan rupiah?

Sebagi contoh, kita punya keahliah atau punya barang, promosikan di blog tersebut.

6.      Apa bedanya blog berbayar dan blog gratis?

Perbedaan fasilitas, penampilan  berbeda. Yang penting optimalkan saja yang ada, tidak usah pilih berbayar kecuali ingin naik kelas.



Terus menulis, menulis yang bermanfaat untuk pembaca, bangun komunitas agar tulisan kita memiliki banyak pembaca. Menulis, menulis, dan menulis.


3 komentar:

  1. Terus menulis, menulis yang bermanfaat untuk pembaca, bangun komunitas agar tulisan kita memiliki banyak pembaca. Menulis, menulis, dan menulis. “Lakukan apa yang mau dan bisa kita lakukan. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakuakannya. Bermodal mau maka akan menjadi bisa.”

    BalasHapus

Koneksi Antar Materi 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik

  COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK A.       Paradigma Berfikir Coaching 1.        Paradigma berpikir yang pertama adalah fokus pada  co...